Jumat, 01 Oktober 2010

Data Penjualan Produk Hp

Perilaku konsumen yang paling dominan adalah menjadikan media cetak sebagai sumber informasi tentang produk Nokia dalam menentukan keputusan pembelian. Keputusan tersebut didasarkan pada segi fungsi dan kegunaan telepon genggam. Terdapat kecenderungan bahwa konsumen yang merasa bosan dengan telepon genggam yang digunakan akan beralih ke tipe lain tanpa berganti merek. Pada umumnya masa pakai telepon genggam tersebut antara 6 bulan - I tahun sebelum konsumen berganti tipemerek. Pengukuran ekuitas merek dilakukan terhadap 4 dimensi utamanya, yaitu brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyality. Hasil dari ekuitas merek ini menyatakan bahwa posisi Nokia terhadap merek-merek kompetitornya berada pada posisi yang sangat baik. Hal ini terlihat dari Top of Mind Nokia yang berada pada urutan teratas. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan prediksi perolehan pangsa pasar dengan menggunakan metode Rantai Markov. Prediksi pangsa pasar ini bermanfaat untuk melihat posisi masing-masing merek dari pasaran. Dari hasil yang diperoleh diketahui pangsa pasar masing-masing merek pada kondisi ekuilibrium yaitu pada periode ke-18 adalah sebagai berikut :

1.Market Leader : Nokia 57,89%
2.Market Follower : Ericsson 1O,55%
3.Market Challanger : Siemens 20,84%
4.Market Nicher : Motorola 5,17%
5.Market Nicher : Samsung 5,29%
6.Market Nicher : Philips 0,54%


KESIMPULAN

Jadi, dalam dunia telekomunikasi yang menjadi market leader adalah Nokia, market follower adalah Ericsson, market challanger adalah Siemens, dan marker nicher adalah Motorola, Samsung,dan Philips.

Sumber
http://digilib.its.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar