Senin, 29 November 2010

Menganalisis perilaku konsumen

Manusia hidup di dunia memiliki berbagai kebutuhan seperti kebutuhan sandang, pangan, papan. Kita pun sebagai mahluk hidup memiliki beberapa kebutuhan yang perlu kita penuhi dan sebelum kita memenuhi kebutuhan tersebut kita akan melewati beberapa proses seperti : Penentuan kebutuhan, Pengumpulan informasi, Pengambilan keputusan, pelaksanaan pembelian, dan perilaku sesudah. Saya telah mencoba melakukan penelitian kepada seorang ibu yang akan membeli sebuah handphone bermerek “A”.
Langkah pertama membeli adalah si ibu akan memikirkan terlebih dahulu barang yang butuhkan, lalu si ibu mengumpulkan informasi melalui tv, dan majalah, lalu stelah si ibu merasa sudah mendapatkan informasi yang cukup tentang handphone merek ”A” dia mengambil keputusan bahwa si ibu akan membeli handphone tersebut. Lalu si ibu tersebut pergi ke salah satu toko yang menjual handphone merek “A” tersebut dan si ibu tersebut melakukan negosiasi harga setelah merasa harga yang di sepakati telah cocok oleh kedua belah pihak maka terjadilah transaksi dan setelah transaksi tersebut sudah terlaksana maka si ibu mendapatkan handphone merek “A” yang di inginkan dan si penjual mendapat uang sejumlah harga yang telah di sepakati. Setelah mendapatkan handphone yang di inginkan lalu si ibu tersebut memakainya dan merasa puas dengan handphone yang Ia beli.
Jadi, seseorang yang ingin membeli sesuatu Ia akan melewati beberapa proses yang cukup panjang terhadap barang yang akan Ia beli proses tersebut di lakukan agar Ia tidak menyesal setelah membeli barang tersebut.

Sumber : Buku cetak dasar pemasaran semester 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar