Senin, 04 April 2011

KANKER

Kanker adalah sejenis tumor yang mengancam kehidupan manusia. Tumor disebut jinak jika sel-sel itu tumbuh di dalam jaringan kelompoknya sendiri dan tidak merusak jaringa sel lainnya. Disebut tumor ganas atau kanker jika pertumbuhan selnya cepat, tidak terkendali, serta menyerang jaringan-jaringan sekitarnya. Jika kanker itu menyerang jaringan-jaringan tubuh maka dengan cepat jaringan itu di rusak dan menghambat arus perederan darah ke jaringan yang telah di rusaknya. Yang berbahaya dari kanker ini adalah jika sekelompok sel yang tumbuh memisahkan diri dari induknya melelui peredaran darah yang kemudian membuat tumor (kanker) baru di tempat lain. Inilah yang disebut metastase.
Dari segi gizi, kanker terjadi karena sel-sel tubuh kekurangan zat-zat organik seperti mineral. Sebaliknya kanker juga timbul karena terkonsentrasinya tepung atau kanji serta lemak daging dalam tubuh. Makan banyak makanan yang berlendir dan berlemak akan mengakibatkan lendir di dalam tubuh menyumbat kelancaran peredaran darah. Jika pembulu darah tersumbat maka dapat menyebabkan tumor yang kemudian dapat beralih menjadi tumor ganas atau kanker.
Penelitian menunjukkan kanker tidak terdapat pada orang-orang yang makan banyak makanan segar, sayuran segar, buah segar, dan yang meminum sari sayuran dan buah segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar