Perilaku pasar adalah pola kebiasan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu. Kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan penilaian , keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan suatu produk.
Di sini saya akan mencoba menjelaskan perilaku pasar terhadap buku pelajaran. Buku pelajaran sebagian yang mengkonsumsi adalah siswa/i atau mahasiswa/i dan harganya sekitar kurang lebih Rp. 35.000,00-Rp. 200.000,00 biasanya buku pelajaran sering di beli pada tahun ajaran baru dan di beli di toko-toko buku. Pelajar membeli buku plajaran karena mereka mambutuhkan buku pelajaran untuk di pelajari pada saat sekolah atau kuliah. Proses membeli buku pelajaran tersebut adalah para pelajar mendapatkan informasi dari pengajar tenteng buku yang di pakai saat belajar lalu para pelajar membeli buku tersebut di sebuah toko buku.
Jadi, Perilaku pasar adalah pola kebiasan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan. Pemahaman terhadap profil dan prilaku pasar akan menjelaskan tentang :
1. Siapa, Apa, Berapa, Kapan , Dimana pembelian dilakukan?
2. Mengapa suatu produk dibeli
3. Bagaimana proses pembelian terjadi
Sumber : Buku dasar pemasaran tingkat pertama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar